Rabu, 08 Juni 2011

Iwan Fals dan Ki Ageng Ganjur Gebrak Bojong

SLAWI - Ribuan pengunjung tumplek blek di Lapangan Sepak Bola Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal pada Selasa malam (29/3). Mereka tak mau melewatkan perjalanan spiritual Iwan Fals dan Ki Ageng Ganjur yang terbalut dalam Extraligi Djarum Coklat. Walaupun diguyur hujan lebat, pagelaran yang didukung Ponpes Nurul Hikmah Bojong itu berlangsung sukses.

Ribuan pengunjung tak memedulikan lapangan yang becek karena siraman air hujan. Mereka tetap berjingkar-jingkrak saat Iwan Fals dan Ki Ageng Ganjur mengalunkan nada-nada indah. Namun, kegilaan pengunjung tidak membuat perjalanan spiritual Iwan Fals ricuh. Penggemar Iwan Fals yang tergabung dalam Orang Indonesia (OI) mendapatkan pengawalan ketat dari personel Polres Tegal, Banser, dan para santri Ponpes Nurul Hikmah Bojong.
Tenda Posko BPK Oi TEGAL
Tenda POSKO BPK Oi TEGAL

Pementasan yang bertajuk Extraligi Djarum Coklat itu, diawali shalawat dari Ki Ageng Ganjur oleh Ngatawi El Zatrow didukung Ki Entus, dan sejumlah pelantun shalawat lainnya. Pada giliran Iwan Fals tampil, aplaus penonton sangat luar biasa. Tanpa menghiraukan guyuran hujan yang lebat, pengunjung menyimak dan mengikuti lantuan lagu-lagu hit Bang Iwan, seperti “Sarjana Muda”, “Umar Bakrie”, dan “Bongkar”. Tidak hanya itu, saat Iwan Fals juga melantunkan shalawat, para pengunjung pun turut terhanyut dan ikut melantunkannya.
Ki Enthus
Ki Enthus dengan lagu andalannya
Bershalawat Pengasuh Ki Ageng Kanjur Ngatawi El Zatrow yang mendampingi sekaligus mengiringi tur Iwan Fals di 99 Pesantren di Jawa itu mengungkapkan, misi perjalanan spiritual Iwan Fals, yakni adanya satu kebersamaan antara seniman, budayawan, para ustad dan santri, serta masyarakat. Selain itu, secara tidak langsung ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak takut menyantrikan anaknya pada pesantren, karena pesantren merupakan wadah pendidikan dan kebudayaan beragama dan bermasyarakat.

’’Bukan mendidik jadi teroris atau anarki. Itu malah bertentangan dengan misi kami. Dengan respons yang demikian, kami yakin niatan mengajak kawula muda turut bershalawat dan juga menciptakan deradikalisasi di lingkungan pesantren bisa terwujud,’’ katanya.

Iwan Fals dan Ngatawi El Zatrow
Iwan Fals dan Ngatawi El Zatrow
Menurut dia, ditampilkannya Iwan Fals penyanyi balada yang kesohor diharapkan mampu menggaet kalangan muda. Sasaran pendidikan keagamaan juga bisa tersentuh dengan mendekati kalangan muda. Bahkan sambil menunggu penyanyi idolanya tampil, mereka diajak bershalawat bersama sebagai perwujudan dari niat perjalanan spiritual tersebut.

Wakapolres Tegal Kompol Mahesa yang mewakili Kapolres Tegal AKBP Drs RZ Panca Putra MSI dalam sambutannya sebelum pertunjukan mengatakan, pengunjung diminta bersedia mematuhi aturan untuk menjaga ketentraman. Wakapolres mengancam jika pertunjukan ricuh, maka pihaknya akan membubarkan acara itu. ’’Kami yakin warga Kabupaten Tegal bisa diajak bersama dalam damai dan bersedia menjaga ketentraman selama pertunjukan digelar,’’ katanya. (H64-75)
Sumber : Sm dengan sedikit penambahan

3 komentar: